Print

PALANGKA RAYA – Wakil Bupati Kapuas Drs. H. M. Nafiah Ibnor, MM menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan bertempat di Swiss Bell Hotel Danum, Palangka Raya, Rabu (31/07/2019) pagi.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH MIGAS) menggelar kegiatan tersebut guna membahas tentang prospek pengembangan dan peningkatan gas bumi di Kalimantan, melalui pembangunan pipa transmisi gas bumi trans Kalimantan.

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa. Hadir pula pada FGD tersebut sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan kota se-Kalteng. Kemudian, jajaran DPD RI, Perwakilan Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), para investor yang akan melakukan investasi pembangunan pipa, Rektor Universitas Palangka Raya dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatannya, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan kondisi Kalteng.

Sementara itu, Kepala BPH Migas mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, Pasal 46 menyebutkan bahwa BPH Migas ditugaskan oleh negara untuk melakukan pengawasan dan pengaturan gas bumi melalui pipa harga gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil serta pengusahaan transmisi dan distribusi gas bumi. 

Kemudian, BPH Migas juga memiliki kewenangan dalam melakukan pengaturan, penetapan dan pengawasan pengusahaan gas bumi melalui pipa pada ruas transmisi dan wilayah jaringan distribusi melalui lelang berdasarkan Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional atau RIJTDGBN.

M Fanshurullah Asa menyatakan prospek pengembangan dan peningkatan pemanfaatan gas bumi di Kalimantan melalui pembangunan pipa transmisi gas bumi trans Kalimantan sangat diperlukan. “Suplai pasukan gas harus ada di Kalimantan. Pipa gas ini merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi yang menggerakan keadilan kewilayahan pemerataan dan keadilan energy di negeri ini,” tegasnya. (Hmskmf)