Print

KUALA KAPUAS - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kapuas terus melakukan persiapan dalam rangka penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke – 44 Tingkat Kabupaten Kapuas yang nantinya dilaksanakan di Kecamatan Selat pada bulan Oktober. Untuk itu, dilaksanakan rapat koordinasi bersama dengan LPTQ kecamatan dan panitia pelaksana, Kamis (1/8/2019) pagi di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas.

Sebelumnya sudah disepakati bahwa kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten tersebut akan terlaksana selama tiga hari di empat lokasi yaitu lokasi utama di Halaman dan Aula Masjid Al Mukarram Amanah, lokasi dua di Auditorium STAI, lokasi tiga di Aula MAN Selat dan lokasi empat di Masjid Darul Muttaqin.

Pimpinan rapat yang juga Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan menjelaskan rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi, pemikiran ataupun kesepahaman agar nantinya kegiatan MTQ berjalan dengan baik dan lancar. Dengan persiapan yang tinggal beberapa bulan lagi ia berharap semua dapat berjalan dengan baik demi terlahirnya qori dan qoriah berprestasi sesuai dengan moto kerja kepanitiaan ‘mari bekerjasama dan sama-sama kerja’. “MTQ itu bukan hanya musabaqah tapi juga pelatihan dan pembinaan, intinya mari kita laksanakan dengan saling bekerjasama agar berjalan baik dan membawa harum daerah kita” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten mengalami perubahan jadwal yang biasanya di awal tahun kemudian dimajukan menjadi di akhir tahun dikarenakan untuk persiapan MTQ tingkat Provinsi tahun 2020 mendatang yang akan dilaksanakan di Kabupaten Barito Selatan (Buntok). “Karena perubahan ini dan juga waktu yang sempit maka dipilih Kecamatan Selat sebagai tuan rumah untuk mempermudah dalam transisi perubahan jadwal ditunjang dengan fasilitas yang dimiliki, kita semua mendukung sepenuhnya agar kegiatan MTQ berjalan lancar,” ucap Muchtar.

Pada rapat itu dibahas mengenai LPTQ Kecamatan diberikan wewenang secara mandiri untuk mempergunakan dana bantuan dari LPTQ Kabupaten Kapuas dalam hal pemondokan dan konsumsi bagi kafilah. Selain itu juga membahas mengenai pembinaan peserta di kecamatan serta unsur-unsur teknis lainnya.

Ditempat yang sama, LPTQ Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Kapuas melaksanakan pelatihan cabang Qiraat Sab’ah dan Syarhil Qur’an di 17 kecamatan se Kabupaten Kapuas yang mana masing-masing kecamatan membawa dua orang utusan dengan jumlah total 34 orang. (hmskmf)